Berita

    Featured Image

    Suka Pulang malam? Tips Berkendara agar Tidak Melelahkan

    Memiliki rutinitas yang padat sepanjang hari dan harus pulang di waktu malam tentu cukup melelahkan. Apalagi jika Anda harus mengemudi sendiri di malam hari, sebaiknya terapkan tips berkendara yang tepat agar selalu aman. 

    Mengemudi mobil di waktu malam tentu memiliki tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda dibandingkan saat Anda mengemudi siang hari. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai tips-tips agar berkendara di waktu malam jadi lebih aman. 

    Tips Berkendara di Malam Hari

    Situasi jalanan yang sudah gelap dan tubuh yang sudah lelah membuat Anda harus ekstra hati-hati saat berkendara di waktu malam. Demi keselamatan diri sendiri dan orang lain, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut ini. 

    • Pastikan Anda Tidak Mengantuk

    Pertama-tama, pastikan dulu bahwa Anda tidak mengantuk dan dalam kondisi yang siap untuk mengemudi. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena mengemudi dalam kondisi tubuh kurang prima sangatlah berbahaya.

    Jika Anda memang sering pulang malam setelah bekerja, pastikan untuk selalu berjaga-jaga. Jaga kesehatan Anda dengan makan bergizi, minum air putih yang cukup, dan pastikan untuk tidak mengantuk saat akan berkendara. 

    • Gunakan Lampu yang Tepat

    Pilihlah jenis lampu yang tepat untuk digunakan di mobil Anda. Pakai lampu yang spesifikasinya sesuai dengan tipe mobil agar pemakaiannya bisa lebih optimal. Tujuannya agar Anda bisa lebih nyaman dan aman saat berkendara. 

    • Bersihkan Kaca Mobil 

    Tips berikutnya yang dapat Anda lakukan yaitu membersihkan kaca mobil sebelum mulai mengemudi. 

    Tips ini mungkin terdengar simple namun sebenarnya bisa sangat membantu Anda berkendara lebih nyaman di waktu malam. 

    Di malam hari, situasi jalanan sudah gelap dan Anda akan dibantu dengan adanya lampu. Pandangan Anda bisa jauh lebih baik dan jelas jika kaca mobil dalam kondisi bersih dari debu maupun kotoran. 

    • Berkendara dengan Kecepatan yang Wajar

    Pastikan Anda berkendara dengan kecepatan yang wajar. Kecepatan ini juga sangat penting untuk dikendalikan agar Anda tidak melaju terlalu kencang dan akhirnya malah membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

    • Hindari Menatap Lampu Mobil Lain

    Tips berkendara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah hindari menatap lampu pada mobil-mobil lain. 

    Menatap lampu mobil-mobil lain di hadapan Anda akan membuat Anda jadi silau. Kebiasaan menatap lampu mobil lain bisa membuat Anda jadi susah fokus. 

    Selain itu, pandangan Anda jadi kabur karena terlalu silau menatap cahaya lampu mobil lain. Lebih baik berkendara dengan wajar dan alihkan perhatian dari lampu mobil. 

    • Selalu Jaga Jarak

    Selain menjaga kecepatan, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga jarak berkendara. Pastikan untuk tidak terlalu dekat berkendara dengan mobil-mobil di depan maupun di belakang Anda. 

    Menjaga jarak aman sangat penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja menabrak mobil di depan atau di belakang karena jarak yang terlalu dekat. 

    • Berhentilah jika Mengantuk

    Apabila di tengah perjalanan Anda merasa sangat lelah dan mengantuk, lebih baik segera beristirahat. Berhentilah sejenak untuk beristirahat dan lanjutkan mengemudi jika tubuh sudah siap. 

    Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara padahal tubuh sudah lelah dan sangat mengantuk. Hal ini bisa sangat berbahaya dan membuat Anda kesulitan untuk mengendalikan mobil.