Berita

    Ini Fungsi Garis Vertikal Kaca Belakang Mobil

    Pernahkah Anda melihat garis vertikal di kaca mobil bagian belakang? Garis vertikal tersebut bukan hanya hiasan semata, tetapi fitur ini memiliki fungsi yang sangat penting salah satunya adalah untuk memastikan visibilitas pengendara saat mengendarai mobil.

    Sebutan lain dari garis vertikal pada kaca belakang mobil adalah defogger atau anti embun. Seperti namanya, garis ini juga berfungsi untuk menghilangkan embun yang disebabkan oleh suhu udara saat hujan. Embun akan muncul pada kaca saat Anda tidak menyalakan AC saat hujan.

    Kaca depan maupun kaca belakang yang berembun tentunya membuat pandangan pengemudi dan penumpang mobil terganggu dan pastinya sangat membahayakan.

    Jika dilihat sekilas, kaca belakang yang memiliki garis vertikal memang terlihat seperti stiker atau tempelan biasa. 

    Dimana Letak Defogger?

    Nah, setelah Anda mengetahui apa itu defogger atau garis vertikal di kaca mobil, selanjutnya Anda juga harus tahu mengenai letak defogger itu sendiri. Memang, untuk garis vertikal yang dimaksud terdapat pada kaca bagian belakang, tetapi defogger memiliki fitur-fitur tertentu untuk menjalankannya yang mungkin belum diketahui oleh Anda.

    Defogger memiliki tombol-tombol tertentu yang letaknya berdekatan dengan kontrol pusat AC mobil. Anda dapat menemukannya melalui simbol tiga panah meliuk yang terdapat di dalam gambar persegi panjang. Jika Anda sudah menemukannya, tombol tersebut cukup ditekan untuk mengaktifkannya. 

    Jenis-Jenis Defogger dan Cara Kerjanya

    Defogger atau garis vertikal di kaca mobil memiliki dua jenis  yaitu bagian depan dan bagian belakang. Untuk bagian depan, cara kerja defogger melalui kipas AC yang memanfaatkan ventilasi untuk menghembuskan udara dari dashboard. Udara yang keluar akan menyesuaikan dengan suhu AC pada saat itu. 

    Cara kerja defogger pada kaca belakang dinilai cukup sederhana. Garis-garis tersebut menghantarkan panas yang mampu menghilangkan empun secara cepat pada kaca. Tak perlu khawatir, kaca tidak akan panas ketika Anda memegangnya. Cara kerja ini hampir mirip dengan kompor listrik.

    Cara Merawat Garis Vertikal di Kaca Mobil

    Perlu diingat bahwa penggunaan fitur ini hanya dapat dikatakan ketika Anda membutuhkannya. Situasi yang cocok untuk menyalakan defogger adalah saat kaca belakang mobil mulai terdapat kabut atau embun yang mengganggu pandangan Anda melihat arah belakang melalui spion tengah.