Berita

    Ketahui Cara Membersihkan Lubang AC Pada Mobil

    Sebenarnya, cara membersihkan lubang AC mobil bukan menjadi hal yang sulit. Namun, lubang AC sering menjadi komponen yang jarang diperhatikan kebersihannya. Padahal, komponen ini sangat penting dan menjadi jalan masuk awal udara. 

    Lantas, bagaimana cara membersihkannya?

    Cara Membersihkan Lubang AC Mobil 

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lubang AC merupakan bagian yang sering dihinggapi kotoran dan debu, karena memiliki lokasi di luar serta berkaitan langsung dengan udara yang berada di dalam mobil. 

    Oleh sebab itu, lubang AC harus dilakukan pembersihan dengan rutin sehingga tidak mempengaruhi komponen lain. Bila ingin membersihkan lubang AC, Anda dapat menggunakan penyedot debu agar bisa menghisap keseluruhan kotoran yang tertempel di kisi AC. 

    Bukan hanya penyedot debu, Anda juga dapat menggunakan lap yang diberi cairan pembersih. Bersihkan kisi-kisi dengan menyeluruh, selain itu pastikan Anda melakukan pembersihan secara berkala, minimal sekali dalam sebulan. 

    Berbagai Faktor yang Membuat AC Lekas Kotor

    Lubang AC mobil yang cepat kotor bisa disebabkan karena berbagai macam hal, seperti:

            1. Asap Rokok

    Salah satu penyebab kotornya lubang AC adalah asap rokok. Apakah Anda sering merokok di dalam mobil? khususnya saat AC menyala? Asap serta abu rokok akan berterbangan di dalam mobil dan akhirnya tersedot masuk di filter AC. 

    Asap serta abu juga akan membuat AC berbau tidak sedap. Oleh sebab itu, hindari merokok di dalam mobil, sehingga kebersihan mobil akan terjaga. 

            2. Remah Makanan

    Makan di dalam mobil memang salah satu hal yang menyenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu di dalam mobil karena terlalu malas untuk makan di luar. Tetapi, makan di dalam mobil bukan hanya membuat jok menjadi kotor, tetapi juga AC mobil. 

    Oleh sebab itu, bersihkan interior mobil secara rutin. Mobil yang ditata dengan rapi dan bersih, juga akan membuat siapa saja nyaman di dalamnya. 

            3. Masuknya Kotoran dari Luar Mobil

    Apakah Anda sering membuka jendela mobil saat AC menyala? Kebiasaan yang satu ini bisa membuat AC menjadi lekas kotor. Saat jendela dibuka, dan AC menyala, AC akan menyedot seluruh udara dari luar, dan sudah terkontaminasi dengan kotoran. 

    Akhirnya AC Anda akan menjadi lekas kotor. Oleh sebab itu, ketika menghidupkan AC mobil, hindari sering membuka kaca jendela. Sesekali, membuka kaca jendela tidak menjadi masalah, tetapi jika terus menerus dilakukan, tentu akan memberikan dampak yang kurang baik.