Berita

    Ketahui Dampak Ganti BBM Mobil Terlalu Sering

    Di Indonesia banyak berbagai jenis BBM yang dijual di pasaran dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Meskipun begitu, jangan ganti BBM mobil terlalu sering sebab hal itu dapat memberikan dampak negatif pada mobil Anda.

    Sebaiknya konsisten memakai satu jenis bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. 

    Alasan Kenapa Sering Ganti Bahan Bakar Mobil

    Banyak sekali alasan mengapa sering ganti bahan bakar mobil. Salah satunya, karena banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mengganti BBM dapat memberikan efek yang negatif. 

    Mereka mengira dengan sering mengganti bahan bakar mobil bisa lebih hemat atau bahkan untuk meningkatkan performa mobil. Padahal hal tersebut salah sangat salah. 

    Namun, jika cuma sekali atau dua kali karena terpaksa sebab persedian bahan bakar yang sesuai kosong, maka tidak berbahaya. 

    • Mencoba Performa Mobil

    Semakin tinggi kadar oktan dalam bahan bakar maka performa mobil bisa meningkat. Namun, bukan berarti untuk menaikkan performa mobil, Anda memakai BBM yang kadar oktannya lebih tinggi.

    Sebab setiap mobil membutuhkan kadar oktan BBM yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan sering ganti BBM mobil sebab hal tersebut malah menyebabkan mesin mobil rusak.

    • Agar Bisa Lebih Hemat

    Semakin tinggi kadar oktan dalam BBM, maka harganya pun semakin mahal. Alih-alih ingin lebih hemat, Anda sering ganti bahan bakar mobil yang kadar oktannya lebih rendah. Padahal mobil Anda membutuhkan kadar oktan yang tinggi.

    Hal ini bisa menyebabkan performa mobil Anda menurun. Selain itu, mobil juga bisa cepat panas.

    Inilah Dampak Sering Ganti BBM Mobil

    Setelah mengetahui alasan mengapa seseorang sering ganti bahan bakar, sebaiknya ketahui juga dampak negatifnya. Kira-kira apa saja dampak sering ganti BBM mobil? Berikut ulasanya:

    • Performa Mesin Mobil Menurun

    Tahukah Anda bahwa masing-masing mobil memiliki perbandingan kompresi mesin yang berbeda-beda sesuai dengan jenis atau tipe mobil. 

    Untuk itu, sebaiknya gunakan secara konsisten bahan bakar yang memiliki perbandingan kompresi mesin yang cocok untuk mobil Anda.

    Hal inilah yang menyebabkan performa mobil makin menurun jika sering gonta-ganti bahan bakar. Sebab mesin dipaksa untuk menyesuaikan dengan kadar oktan dalam bahan bakar.

    Selain itu, kinerja mobil bisa menurun jika ada bahan bakar yang berbeda yang tercampur dalam mesin mobil.

    • Merusak Mesin Mobil