Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun!

    Saat musim hujan dan suhu berubah menjadi dingin, kaca mobil berembun menjadi hal yang wajar ditemukan. Kemunculan embun di kaca mobil ini juga dapat terjadi karena kabin yang lembab serta banyak partikel air yang terkena hawa dingin di AC. 

    Kaca yang berembun tentu akan mengganggu perjalanan karena dapat mengurangi visibilitas dari pengemudi. Bila tidak segera diatasi, hal ini dapat membahayakan pengemudi serta pengguna jalan yang lain. 

    Penyebab Kaca Mobil Berembun

    Pada dasarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya embun pada kaca mobil. Berikut berbagai hal yang dapat menjadi penyebabnya, antara lain:

    • Perbedaan Suhu yang Ada di Dalam Mobil

    Penyebab pertama kaca mobil terlihat berembun adalah terdapat perbedaan suhu di dalam serta di luar mobil. Adanya perbedaan suhu ini sebenarnya merupakan proses yang normal. Proses terbentuknya embun memiliki nama kondensasi. 

    Kondensasi ini terjadi saat udara yang lebih panas tertahan konduktor dengan suhu dingin. Kaca mobil merupakan konduktor yang dapat menghantarkan panas. 

    Saat suhu yang berada di luar mobil jauh lebih panas dibanding dengan di dalam, suhu kaca mobil akan langsung memisahkan ruang ini. 

    Bila kelembapan yang berada di luar jauh lebih tinggi, kandungan air yang berada di udara panas akan menjadi embun dan menempel di kaca luar. 

    • AC Mobil

    Penyebab munculnya embun pada kaca mobil adalah AC. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kabin yang lembab dan disebabkan oleh AC dapat menciptakan partikel air karena hawa dingin. 

    Bukan hanya itu, saat melakukan perjalanan di dataran tinggi yang mempunyai udara dingin, menyalakan AC mobil bisa membuat kaca menjadi berembun. 

    Di pagi hari atau saat hujan turun juga bisa membuat kelembaban udara menjadi lebih tinggi dan menyebabkan kemunculan embun. 

    Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

    Lantas bagaimana cara mengatasi munculnya embun pada kaca mobil? berikut beberapa langkahnya:

    • Buka Jendela Mobil

    Anda dapat mengatasi embun pada kaca mobil dengan cara membuka jendela. Ini menjadi langkah paling mudah untuk menghilangkan embun pada kaca. 

    Jika embun pada kaca sudah menghilang, Anda dapat menutup jendela kembali. Hal ini bisa dilakukan ketika melewati jalan di daerah dataran tinggi. 

    • Menyalakan Wiper dan AC