Berita

    Ketahui Komponen Shockbreaker Mobil dan Fungsinya

    Shockbreaker mobil atau disebut juga dengan komponen suspensi memiliki fungsi menjaga kenyamanan mobil saat dikendarai. Karena suspensi bisa mengurangi kemunculan getaran atau guncangan pada mobil. Sehingga membuat perjalanan Anda jadi lebih mulus.

    Perlu diketahui bahwa shockbreaker ini terletak pada kaki-kaki mobil dan disusun oleh beberapa komponen lainnya. Mari simak ulasannya di bawah!

    Macam-Macam Komponen Shockbreaker Mobil Beserta Fungsinya

    Berikut ini adalah komponen shockbreaker pada mobil yang saling bekerja sama untuk menciptakan pengalaman berkendara nyaman dan mulus bagi Anda!

    • Pegas

    Terdapat tiga jenis pegas di sistem shockbreaker kendaraan yang umum digunakan, yaitu jenis coil, daun dan puntir. Pengendali utama dari shockbreaker adalah komponen pagas, prinsip kerjanya dengan menggunakan elastisitas. 

    Untuk jenis coil kebanyakan dipakai di mobil SUV dan MPV. Sementara untuk tipe daun biasanya ada pada bus atau truk. 

    • Shock Absorber

    Selanjutnya adalah shock absorber yang memiliki kegunaan mereduksi munculnya getaran baik yang asalnya dari luar ataupun dari dalam. Komponen satu ini memiliki kemampuan untuk meredam getaran-getaran yang muncul. 

    Terletak pada rongga-rongga pegas sehingga bisa langsung menerima daya kejut yang disalurkan oleh komponen pegas dan menyalurkan ke komponen lainnya.

    • Piston

    Tak Cuma berada di sistem hidrolik pada rem, piston juga dimiliki oleh shockbreaker mobil. Dengan dilengkapi dengan adanya seal membuat piston bisa mencegah terjadinya kebocoran fluida. Pada piston rod, ujungnya langsung terkoneksi dengan roda kendaraan.

    • Seal Debu

    Supaya slider garpu dapat bekerja maksimal maka harus terhindar dari debu. Untuk itu, diperlukan seal debu pada komponen shockbreaker, Fungsinya tentu saja memberikan perlindungan agar terhindar dari debu, sehingga membuat komponen menjadi lebih awet dan tak gampang aus.

    • Tolak Garpu

    Komponen selanjutnya pada shockbreaker adalah tolak garpu, tugasnya memisahkan ruang atas dan bawah dari tolak garpu. Sehingga minyak juga dapat melakukan perpindahan dengan lancar.

    • Ball Joint

    Komponen penghubung yang menyambungkan lower arm dengan roda kendaraan. Kinerjanya mirip seperti engsel dengan perputaran 360 derajat ke semua arah. Tah hanya itu saja, ball joint juga yang memastikan ban bisa bergerak dengan fleksibel.

    • Stabilizer Bar