Berita

    Ketahui Penyebab Aki Mobil Tekor yang Mengganggu Perjalanan Berkendara

    Aki adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik. Jika kendaraan Anda tiba-tiba mati, mungkin karena aki mobil tekor. Hal ini kerap menimbulkan pertanyaan, salah satunya adalah apa penyebab aki menjadi tekor. 

    Selain air aki yang habis, ternyata masih ada penyebab lain yang membuat aki mobil menjadi tekor. Belum tahu apa saja penyebab lain tersebut? Sebaiknya jangan lewatkan artikel berikut ini!

    Jangan Anggap Remeh, Ini yang Membuat Aki Mobil Tekor 

    Walaupun mobil jarang digunakan, bukan berarti aki mobil menjadi lebih awet, terutama jika Anda jarang merawat mobil tersebut. Untuk permasalahan aki yang tekor, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, antara lain: 

    • Aki Mobil Sudah Tua

    Penyebab pertama adalah usia aki yang sudah tua. Umumnya, aki mobil yang baru diberikan garansi per 50.000 km atau garansi selama 2 tahun. Jika penggantian baru, akan ada garansi antara 6 hingga 12 bulan (satu tahun) atau per 25.000 km. 

    Saat aki mobil Anda telah melampaui salah satu dari ketetapan tersebut, sudah sewajarnya apabila aki mulai tekor dan harus segera diganti. Sebagai saran, gantilah aki mobil Anda setiap 2-3 tahun sekali. 

    • Mobil Jarang Dipanaskan

    Mobil yang jarang dipanaskan justru membuat aki menjadi tekor. Sebab, aki tidak mendapat suplai listrik yang dibutuhkan sehingga berakibat pada kinerja aki yang tidak maksimal dan membuat mobil sulit dihidupkan.  

    Cara mengatasi hal ini adalah dengan memanaskan mobil secara rutin, misalnya 2-3 hari sekali atau seminggu sekali. 

    • Air Aki Habis

    Saat ini, masih banyak pengguna aki basah yang sering lupa mengecek sisa air aki. Jika demikian, ada kemungkinan air aki tiba-tiba habis di tengah jalan. Dampak jangka panjang dari kebiasaan sering lupa mengisi air aki akan membuat aki soak. 

    Untuk itu, jangan lupa selalu mengecek air aki sebelum  pegergian, terutama yang tujuannya jauh agar perjalanan Anda tetap aman hingga tiba di tujuan.  

    • Aksesoris Mobil Terlalu Banyak 

    Penambahan  aksesoris pada mobil memang membuat tampilannya terlihat lebih keren. Namun jika terlalu berlebihan, hal tersebut justru membuat aki mobil tekor. Sebab, semua aksesoris tersebut memakan energi listrik yang cukup besar.