Berita

    Pentingnya Memahami Sparepart Mobil: Jenis dan Manfaatnya

    Jika Anda merupakan pemilik mobil, pasti Anda ingin mobil Anda tetap berada dalam performa yang optimal. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memilih suku cadang mobil yang paling sesuai.

    Setiap suku cadang, memiliki fungsinya masing-masing untuk mendukung berjalannya mobil Anda. Memilih suku cadang yang berkualitas menjadi penting, karena akan berpengaruh terhadap kualitas perjalanan Anda.

    Jenis-jenis Suku Cadang Mobil

    Terdapat beberapa jenis suku cadang dan sebaiknya Anda pahami, yaitu yaitu produk yang original atau asli, produk non pabrikan, serta produk KW. Berikut adalah penjelasan dari setiap jenisnya, perhatikan dengan baik supaya Anda tidak salah pilih.

    • Original

    Jenis pertama adalah produk original atau orisinil, yang sering disebut sebagai produk asli. Produk jenis ini juga disebut juga sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM).

    Dilihat dari segi kualitas, produk ini sudah terjamin dan banyak dipakai di berbagai industri bidang otomotif. Produk original juga mudah ditemui di toko resminya, serta di bengkel-bengkel resmi.

    Produk orisinil biasanya diproduksi oleh manufaktur asal, namun bisa juga diproduksi oleh pabrik lain yang telah bekerjasama dengan pabrik asalnya. Mobil memiliki ratusan suku cadang, sehingga tidak semua jenisnya diproduksi oleh pabrik asalnya.

    Meski sebagian tidak langsung diproduksi oleh manufaktur asalnya, namun tetap masuk ke dalam jenis yang asli, karena berbagai proses pembuatannya telah sesuai dengan standar aslinya.

    Berbagai proses pemilihan bahan juga sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh manufaktur asli, sehingga kualitasnya terjamin.

    • Non Pabrikan

    Selanjutnya, ada jenis non pabrikan. Biasanya, jenis ini dibuat untuk segmen otomotif tertentu, sehingga berbagai produknya tidak digunakan oleh sebagian besar kendaraan yang lain.

    Produk jenis ini dibuat oleh perusahaan yang memang berniat untuk melakukan produksi suku cadang mobil untuk keperluan tertentu sesuai dengan permintaan.

    Sebagai contoh, terdapat berbagai produk suku cadang yang dibuat untuk keperluan balap mobil. Berbagai komponen yang dibuat bisa berbeda dibanding jenis komponen yang umum.

    Secara umum, suku cadang jenis ini tidak memiliki hubungan dengan manufaktur mobil, namun biasanya telah mengantongi izin dan lisensi sebelum melakukan pembuatan produk.

    Kualitas dari produk ini bisa setara dengan produk asli. Untuk berbagai jenis produk, bahkan bisa lebih bagus dibanding produk asli.

    • Suku Cadang KW