Berita

    Wiper Mobil: Fungsi, Jenis & Cara Kerja

    Orang bisa mengendarai mobil di tengah hujan berkat wiper mobil. Tanpa alat ini sulit bagi siapapun untuk berkendara kala hujan lebat. Sebab air hujan yang mengenai kaca mobil bisa membuat penglihatan pengendara blur dan menyebabkan kaca berembun.

    Fungsi Wiper Mobil 

    • Wiper mampu membersihkan segala kotoran yang menempel pada kaca mobil, mulai dari debu, minyak, dan tentunya air hujan
    • Wiper memastikan kaca mobil bersih sehingga tak ada partikel apapun yang mengganggu pandangan pengendara.
    • Wiper mobil memiliki fungsi esensial. Peranannya sebagai komponen yang membersihkan kaca mobil juga sekaligus menjadi alat keselamatan dalam berkendara. 

    Cara Kerja Wiper Mobil

    Wiper mobil baru bisa menyala saat pengemudi memutar saklar wiper menjadi on. Barulah wiper akan bergerak ke kanan dan kiri. Terdapat beberapa mode kecepatan wiper bergerak. Mode mist yang digunakan saat Anda hanya ingin membersihkan kaca mobil sekali usap. Biasanya karena ada kotoran atau benda asing yang menempel di kaca. 

    Kemudian ada mode intermittent, yang membuat wiper bergerak dengan perlahan. Mode ini digunakan saat hujan mulai turun tetapi tidak lebat.

    Sedangkan saat mobil diguyur hujan cukup lebat, Anda bisa pilih Lo dan Hi yang membuat wiper terus bergerak secara otomatis. Cukup sesuaikan kecepatan dengan kebutuhan.

    Jenis Wiper

    Terdapat beberapa jenis wiper mobil yang bisa dipilih. Masing-masing jenis memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda-beda.

    • Wiper Full Frame

    Wiper full frame biasanya ditemukan di mobil keluarga. Gagang besinya yang kokoh membuat wiper ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dan membersihkan kaca dengan baik. 

    Namun Anda harus memperhatikan karet wiper. Karena jika karet menipis, bagian besi akan merusak kaca depan mobil.

    • Wiper Konvensional

    Wiper konvensional merupakan komponen yang ada di mobil keluaran lama. Jenis wiper ini sudah jarang digunakan. 

    Selain karena mobil keluaran sekarang menggunakan versi yang lebih baru, wiper konvensional juga kurang optimal saat menyapu kaca mobil.