Berita

    Tenang! Tips Mengatasi Bunyi Berisik pada Rem Mobil

    Ketika sedang berkendara, tentunya rem merupakan komponen penting yang sangat vital untuk aspek keamanan. Namun, sering kali muncul bunyi pada rem mobil yang terdengar berisik dan mengganggu.

    Terdapat berbagai penyebab munculnya bunyi berisik tersebut, cara mengatasinya juga dapat disesuaikan dengan penyebabnya. Bunyi berisik tersebut sebaiknya segera ditangani, supaya tidak menimbulkan kerusakan yang serius dan membahayakan pengemudi.

    Tips Mengatasi Bunyi pada Rem Mobil yang Berisik

    Inilah berbagai tips untuk mengatasi bunyi berisik pada rem mobil, Anda bisa menyesuaikan dengan penyebab bunyi tersebut.

    • Bersihkan Kotoran pada Cakram Rem

    Hal pertama yang bisa menjadi penyebab bunyi berisik pada rem mobil yaitu karena adanya tumpukan kotoran pada rem cakram. Kotoran tersebut bisa berupa debu, tanah, dan hal-hal lain yang menumpuk ketika menempuh perjalanan.

    Kotoran dari luar yang mencapai bagian cakram rem, bisa menghalangi cakram serta bagian kampas rem. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya bunyi berisik atau berdecit ketika Anda sedang melakukan pengereman.

    Karena disebabkan oleh kotoran, maka solusinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Bersihkan bagian cakram rem hingga tidak ada lagi kotoran yang mengganggu kinerja atau pergerakan dari cakram rem.

    • Jika Kampas Rem Menipis, Segera Ganti

    Selanjutnya, suara berisik yang timbul bisa disebabkan karena kampas rem. Komponen yang satu ini memiliki bentuk seperti bantalan dan berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat piringan cakram yang sedang berputar.

    Kampas rem memiliki peran penting dalam proses pengereman dan permukaannya juga seringkali terkikis karena putaran cakram rem yang sangat kuat.

    Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, kampas rem bisa jadi menipis. Komponen ini memang memiliki masa pakai sehingga perlu diperhatikan penggantiannya.

    Ketika kampas rem sudah menipis atau habis, maka cakram rem akan secara langsung bergesekan dengan bagian besi dari kampas. Inilah yang bisa menjadi penyebab bunyi pada rem mobil.

    Sumber: istockphoto

    Kampas rem yang sudah aus atau sudah menipis, perlu segera diganti dengan yang baru. Sebaiknya hal ini jangan ditunda, karena bisa berpengaruh terhadap komponen lainnya pada mesin mobil dan bisa berisiko untuk keselamatan.

    • Pilih Kampas yang Berkualitas