Berita

    Tips Badan Anti Pegal Saat Nyetir Mobil

    Sering merasakan pegal di area punggung dan leher ketika menyetir? Meskipun hanya berkendara beberapa menit, rasa pegal bisa timbul karena posisi menyetir yang salah. Untuk menghindari rasa pegal ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika nyetir mobil. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

            1. Pilih Posisi Duduk yang Nyaman

    Hal yang sering menyebabkan punggung dan pinggul terasa pegal adalah posisi duduk yang salah. Punggung yang membungkuk dan tidak menyentuh kursi akan menimbulkan pegal apalagi jika Anda harus nyetir mobil dalam jangka waktu lama.

    Oleh karena itu, Anda bisa mengatur kursi agar nyaman diduduki. Posisikan jarak antara jok dan setir senyaman mungkin. Selain itu, pastikan kaki Anda dapat menyentuh pedal dengan mudah. 

    Anda disarankan untuk menyesuaikan kursi agar membentuk sudut 100 sampai 110 derajat saat nyetir mobil. Setelah itu, pastikan punggung Anda dalam posisi bersandar pada kursi. Posisi tubuh yang terlalu ke depan atau membungkuk saat mengemudi  dapat menimbulkan rasa nyeri. 

    Anda bisa memakai bantalan pinggang untuk membantu pinggang terasa nyaman saat menyetir. 

            2. Pastikan Kepala Menyentuh Senderan

    Tips menyetir mobil agar badan tidak pegal berikutnya yaitu pastikan kepala Anda menyentuh senderan atau headrest. Anda bisa memposisikan sAndaran kepala agar bagian tengah kepala Anda bisa menyentuh sandaran. Anda bisa tambahkan bantalan sandaran kepala agar lebih nyaman.

    Ketika mengemudi pastikan bagian kepala dan leher dalam posisi netral untuk menentukan posisi yang tepat serta mencegah nyeri leher. 

            3. Perhatikan Posisi Tangan dan Kaki

    Posisi tangan yang baik ketika menyetir yaitu meletakkan tangan kiri pada posisi jam sembilan dan tangan kanan pada posisi jam tiga. Genggam erat setir mobil namun tetap santai. Posisi tersebut bisa mencegah pegal pada bagian punggung dan lebih aman ketika airbag mengembang. 

    Untuk posisi kaki pastikan kaki Anda dapat menyentuh pedal dengan mudah. Anda bisa menekuk lutut lebih tinggi dari pinggul untuk mengurangi tegangan pada punggung maupun paha. 

            4. Jangan Membawa Barang di Saku

    Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan mengantongi sesuatu di saku celana. Segera keluarkan semua barang ketika mengemudi. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan serta panggul miring dari waktu ke waktu.