Berita

    Menjadi Pengemudi Responsif: Tips untuk Menghindari Kecelakaan

    Kondisi jalan tidak akan ada yang bisa memprediksi. Untuk itulah, Anda perlu tahu tips menghindari kecelakaan dan menjadi pengemudi responsif agar bisa segera bertindak melakukan manuver saat ada tanda-tanda kecelakaan akan terjadi di depan. 

    Kecelakaan biasanya terjadi begitu cepat. Hal ini tidak hanya membahayakan bagi pengemudi dan penumpang, tetapi juga pengguna jalan lainnya. Bahkan, paling parahnya dapat menyebabkan kematian. 

    Oleh karena itu, perhatikan tips ini ya untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan. 

    Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Raya

    Ikuti langkah-langkah sederhana ini agar dapat mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya: 

    1. Hindarkan Gangguan yang Merusak Fokus Mengemudi

    Saat menyetir, jangan sekali-kali mengalihkan mata dari jalan hanya untuk mengobrol, bercanda gurau, membaca pesan teks di handphone, makan, atau mengambil sesuatu dari dalam tas. Sebab, bila ada pengemudi lain tiba-tiba menyalip atau berhenti mendadak, Anda tidak akan memiliki waktu untuk merespon dengan baik. 

    Oleh karena itu, jauhkan semua gangguan yang dapat merusak konsentrasi menyetir. Pastikan pandangan hanya fokus ke jalanan dari awal berangkat sampai ke tempat tujuan. Sehingga, ketika ada hal-hal tidak terduga, Anda dapat segera merespon dan menghindari kecelakaan. 

    2. Jaga Kecepataan Agar Sesuai Aturan dan Tidak Ugal-Ugalan

    Baik Anda sebagai pengemudi pemula maupun profesional, menjaga kecepatan sesuai aturan itu penting. Pasalnya, ketika bertemu dengan jalanan yang tidak rata atau tikungan tajam, Anda dapat responsif dengan mengurangi kecepatan dan melakukan manuver yang tepat. 

    Freepik.com