Berita

    Kenali Fungsi Bumper Pada Mobil!

    Bumper adalah bagian atau komponen mobil yang berperan untuk menjaga keselamatan serta melindungi badan mobil ketika terjadinya benturan. 

    Berdasarkan perannya tersebut, posisi bumper mobil tidak hanya ditempatkan atau berada di bagian depan saja melainkan di bagian belakang mobil juga. Namun, perlu diketahui bahwa adanya bumper pada mobil tidak hanya berkaitan dengan keselamatan. 

    Faktanya, bumper juga dapat mempengaruhi visual dari mobil sebab memiliki desain yang bisa disesuaikan dengan desain mobil secara utuh. Anda bisa memiliki bumper dengan desain sporty maupun elegan sesuai dengan desain mobil Anda.

    Artikel ini akan membahas tentang fungsi dari bumper pada mobil serta fungsi dari komponen ini akan dijelaskan pada poin-poin berikut:

    Fungsi Bumper Mobil

    Bukan hanya sekedar pajangan, bumper dan komponen-komponen lain pada mobil juga memiliki fungsi dalam sistem pengoperasian mobil. 

    Beberapa fungsi penting dari komponen bumper yang menempel pada mobil antara lain sebagai berikut:

    • Meredam Terjadinya Benturan

    Fungsi utama dari bumper mobil yaitu untuk meredam benturan. Ketika terjadinya tabrakan, baik yang melibatkan bagian depan maupun bagian belakang mobil, keberadaan bumper mampu membantu meredam terjadinya benturan tersebut.

    Proses peredaman benturan terjadi dengan cara bumper yang menyerap energi dari timbulnya benturan tersebut. Kemudian, energi yang diserap tersebut akan diteruskan menuju crumple zone.

    Hal ini akan membuat energi dari hasil benturan akibat tabrakan yang terjadi dapat berkurang ukuran besarannya saat sampai ke kabin.

    Material penyusun bumper juga berperan dalam proses peredaman benturan ini. Bumper yang terbuat dari material murni logam berisiko lebih besar dibandingkan dengan bumper zaman sekarang yang sudah dipadukan dengan bantalan karet. 

    • Sebagai Tempat Memasang Sensor Parkir

    Berkembangnya teknologi membuat industri otomotif juga ikut mengembangkan hal-hal baru. Saat ini teknologi sensor parkir sudah tersedia di mobil yang tentu saja berfungsi untuk membantu pengemudi untuk bisa memarkirkan mobilnya dengan baik.

    Sensor parkir terletak di bagian bumper pada mobil baik posisi depan maupun belakang. Dengan terpasangnya sensor parkir, Anda bisa mengetahui posisi mobil terhadap kondisi kendaraan hingga benda-benda lain di sekitar saat sedang mencoba parkir.

    • Sebagai Tempat Memasang Lampu Kabut