Berita

    Wajib Tahu! Ini Jenis Modifikasi Mobil yang Justru Berbahaya

    Modifikasi mobil adalah cara untuk membuat kendaraan menjadi lebih unik secara tampilan, maupun untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, tidak semua proses modifikasi bersifat aman bagi kendaraan Anda.

    Pasalnya, ada beberapa jenis modifikasi tertentu yang sebaiknya dihindari karena bisa berpotensi membahayakan proses berkendara. Oleh karena itu, ketahui apa saja jenis modifikasi yang berbahaya tersebut agar Anda tetap aman selama mengemudi.

    Jenis Modifikasi Mobil yang Dapat Membahayakan Pengemudi

    Modifikasi kendaraan yang berpotensi membahayakan adalah tindakan yang tentu saja harus dihindari. Berdasarkan peraturan setempat dan pertimbangan keselamatan, berikut adalah jenis-jenis modifikasi yang dapat berbahaya:

    • Pemasangan Lampu Strobo

    Penggunaan lampu strobo atau rotator pada kendaraan pribadi telah dilarang oleh UU No 22 Tahun 2009 terkait Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggaran terhadap ini dapat berakibat hukuman penjara maksimal 1 bulan atau denda hingga Rp250 ribu.

    Alasannya, penggunaan lampu strobo pada kendaraan dapat mengganggu visibilitas pengendara lain dan memicu situasi berbahaya, terutama saat digunakan untuk menerobos lampu merah.

    • Modifikasi Lampu Sein
    iStockphoto

    PP Nomor 55 Tahun 2012 menyatakan bahwa lampu sein pada mobil harus berwarna kuning dengan sinar berkedip. Karena itu, jenis modifikasi mobil untuk mengubah warna lampunya tidak boleh dilakukan.

    Sebab, modifikasi tersebut dapat mengganggu pandangan pengendara lain dan mengganggu konsentrasi di jalan raya. Penggunaan lampu LED berwarna putih yang terlalu menyilaukan juga berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

    • Kaca Film Terlalu Gelap

    Pemasangan kaca film yang terlalu gelap, terutama pada malam hari, dapat mengurangi visibilitas pengemudi, terutama ketika melihat area samping atau spion yang tidak terkena cahaya lampu kendaraan lain.

    • Mobil Terlampau Ceper (Stance)

    Meski banyak disukai penggemar otomotif karena dianggap bisa meningkatkan tampilan kendaraannya, tindakan modifikasi mobil untuk membuat bentuknya menjadi terlalu rendah atau ceper juga ternyata berbahaya.

    Sebab, hal ini dapat mengakibatkan masalah saat melewati polisi tidur dan mengganggu pemotor lainnya. Untuk menghindari masalah ini, pemilik mobil harus mempertimbangkan penambahan air suspension agar ketinggiannya bisa diatur.

    • Sistem Elektrikal Melebihi Kapasitas